Minggu, 16 Januari 2011

proposal pendirian tk aba senowo


TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL
(TK ABA) SENOWO
Sekretariat : Masjid Al Fattah, Dusun Senowo RT 20, Argorejo, Sedayu, Bantul, DIY. Telp. 08812723665
 

PROPOSAL PENDIRIAN
TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL
(TK ABA) SENOWO


Segala puji bagi Allah SWT, tempat kita memohon pertolongan, perlindungan dan petunjuk. Siapa yang diberi petunjuk oleh Allah SWT maka tidak ada sesuatupun yang sanggup menyesatkannya dan siapa yang disesatkan oleh Allah SWT maka tidak ada sesuatupun yang sanggup memberi petunjuk. Kami bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW adalah hamba dan utusanNya.

A.    LANDASAN
Firman Allah SWT :

“Dan orang-orang yang beriman berkata : Wahai Tuhan kami, karuniakanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa” Q.S. Al Furqon ayat 74.


“Dan hendaklah takut kepada Allah SWT orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah dan mereka kawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertaqwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” Q.S. An Nisaa ayat 9

B.    LATAR BELAKANG
Datangnya suasana pembaharuan Islam di Dusun Senowo, Kelurahan Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY dimulai dari aktifitas pembangunan masjid di pada tahun 1988  dengan nama Masjid Al Fattah di atas tanah wakaf seluas 278 m2. Aktifitas pembaharuan tersebut tentunya tidak boleh berhenti begitu  saja,  karena   berdasarkan  amanat  para  pewakaf Drs. H. Anggoro, Drs. H. Haris Darmawan, Sumardi N.S, Muhdi Syahlan, Drs. Ashadi Anwar dan mendapat Restu Bapak KH. AR. Fakhrudin (Ketua PP Muhammadiyah tahun 1968-1990) bahwa pembangunan masjid tersebut harus diiringi dengan pembangunan bidang pendidikan bagi tunas muda Islam yaitu berupa pembangunan TK ABA.
Anak adalah amanah Allah SWT yang harus didik sehinga mulia akhlaqnya, sehat fisiknya, cerdas otaknya dan berkembang bakat kepribadiannya. Tumbuh kembang anak merupakan interaksi antara faktor individu (baik fisik maupun psikis) dan faktor lingkungannya. Keluarga adalah yang pertama dan utama bagi anak yang sedang tumbuh dan berkembang.
Anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya dan memiliki kemampuan baik diniyah (agama) maupun duniawi adalah harapan setiap orang tua muslimin. Oleh sebab itu anak-anak harus dibekali dengan tameng yang kuat yaitu Aqidah shahihah (keyakinan yang benar) dan akhlaqul karimah (perilaku yang mulia). Maka sistem pendidikan yang menggabungkan antara kemampuan intelegesia dan kekuatan keyakinan yang diamalkan dalam praktek keseharian adalah suatu tuntutan yang wajar untuk diwujudkan.
Berlatar belakang hari hal-hal diatas maka perlu didirikannya TK ABA Senowo guna menyediakan pedidikan pra-sekolah untuk putra-putri kaum muslimin dengan kualitas dan biaya yang terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.
Perlu disadari bersama bahwa pendirian TK ABA Senowo tidak bisa tidak harus didukung oleh segenap masyarakat yang perduli dengan pendidikkan generasi penerus Islam.

C.   TUJUAN PENDIRIAN TK ABA SENOWO
Tujuan pendirian TK ABA Senowo adalah berdirinya lembaga pendidikan pra-sekolah yang dapat :
1.    Membentuk kepribadian anak-anak Islam yang berlandaskan Aqidah Shahihah (keyakinan yang benar) dan Akhlaqul Karimah (perilaku yang mulia)
2.    Membentuk anak-anak Islam yang cerdas, kreatif, dan terampil.
3.    Memberikan dasar-dasar kemampuan mengenal konsep angka, huruf dan menulis dengan baik untuk pesiapan membaca, menulis dan berhitung.
4.    Memberikan dasar-dasar kemampuan baca tulis huruf serta hafalan Al Quran minimal 18 surat pendek, hadits-hadits pilihan dan hafalan kalimat thoyibah.

D.   WAKTU DAN TEMPAT PENDIRIAN
1.    Waktu pendirian akan dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan pendanaan yang masuk ke panitia sampai dengan selesai.
2.    Tempat pendirian adalah komplek tanah wakaf Masjid Al Fattah di Dusun Senowo, Kelurahan Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Provisinsi DIY.

E.    SUSUNAN PANITIA (terlampir)
 
F.    ANGGARAN DANA (terlampir)
 
G.   PENUTUP
Demikian proposal pendirian TK ABA Senowo ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar program ini dapat terwujud dan memberikan sumbangsih bagi kemajuan dakwah Islam. Kami mengharapkan bantuan berupa wakaf sarana/prasarana, infaq, shodaqoh, dukungan dana segar, sumbangan tenaga, dan pemikiran untuk terwujudnya program ini dan kemajuan TK ABA Senowo. Atas segala bantuan dan kerjasamanya kami mengucapkan Jazakumullahu khairan, semoga Allah SWT membalasnya dengan yang lebih baik dan menjadikan baginya timbangan amal kebaikan pada hari kiamat. Amiin

                                                                                          Sedayu, 31 Agustus 2010

Ketua Panitia,                                                  Sekretaris Panitia,






Heru Waseso, S.T.                                        Sukatama

Mengetahui
Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah,





Hj. Sukarni, SH., MA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar